Kamis, 09 Juni 2011

Cara Membuat Daftar Isi Blog Otomatis


Karena sekarang hari minggu sehingga banyak waktu untuk online dan bisa menulis artikel mengenai cara membuat daftar isi blog otomatis seperti blog ini. Jadi setiap ada artikel baru maka akan secara otomatis tampil di daftar isi blog sehingga kita tidak perlu repot mengeditnya setiap memiliki posting baru. Seperti yang terlihat di atas sidebar blog ini ada terdapat daftar isi. Nah bagaimana cara membuatnya? Untuk itu aku akan menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis tersebut setelah tadi menulis artikel mengenai alasan dua hari tidak online dan sekarang aku sudah mulai bisa online lagi dan berharap bisa memposting artikel yang berkualitas dan dapat berbagi ilmu kepada semua sahabat di dunia maya ini. Karena itu adalah salah satu jalan agar ilmu kita bisa bermanfaat yaitu dengan berbagi di blog walaupun blog sederhana seperti ini tapi aku berharap dapat menjadi blog yang bisa membantu.

Hari ini tepat hari minggu jam 9:27 WIB aku menulis artikel ini karena mungkin hanya hari minggu aku mempunyai waktu untuk menulis. Langsung saja ke topik, disini kita akan membahas mengenai cara membuat daftar isi blog. Memang jika kita mempunyai banyak artikel biasanya popularitas artikel lama walaupun kualitasnya bagus akan tetapi jarang di baca, jadi dengan membuat widget daftar isi blog secara otomatis akan memudahkan pengunjung melihat artikel kamu dengan hanya scroll ke bawah pada widget tersebut. Memang biasanya langsung secara otomatis ada arsip yang menunjukan artikel yang telah kita buat, namun menurut saya itu kurang menarik tapi sebelumnya baca juga faktor indeks google semoga artikel tersebut bisa membantu kamu.

Cara membuat daftar isi blog
Sekarang kita akan langsung membahas cara pembuatan daftar isi blog otomatis silakan perhatikan cara di bawah ini.
Pertama, silakan login ke dalam halaman dashboard blogger kamu dan pilih rancangan disitu ada tambah widget jadi silakan tambah widget dengan memilih javascript/html.
Kedua, silakan copy kode berikut dan pasangkan pada widget yang tadi.
<div style="border: 1px solid #000; overflow: auto; height: 220px;">
<script style="text/javascript" src="http://hensblog.googlecode.com/files/daftar_isi.js"></script>
<script style="text/javascript">
var numposts = 1000;
var showpostdate = false;
var showpostsummary = false;
var numchars = 100;
var standardstyling = true;
var shownumposts = true;
</script>
<script src="/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&max-results=999&callback=showrecentposts"></script>
</div>
Setelah di save, silakan lihat hasilnya maka akan tampil seperti yang di blog ini.

Artikel Asli Dari Cara Membuat Daftar Isi Blog Otomatis
Di www.siswatkj.co.cc
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar